Baca Berita



PROGRAM DESA PEDULI PEMILU DAN PEMILIHAN (DP3) DISOSIALISASIKAN PADA MASYARAKAT KAMPUNG SUNDE

PROGRAM DESA PEDULI PEMILU DAN PEMILIHAN (DP3) DISOSIALISASIKAN PADA MASYARAKAT KAMPUNG SUNDE



Penulis : ADMIN | Tanggal Publish : 16 September 2021

Dalam rangka membangun pemahaman masyarakat tentang Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3), maka KPU Biak Numfor turun langsung ke Kampung melakukan Sosialisasi pada kamis (16/9 2021) sekaligus memberikan penguatan kepada Pemerintah dan warga kampung Sunde mengingat Kampung ini akan diresmikan KPU Biak Numfor sebagai Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3) Partisipatif.

Komisioner Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi masyarakat dan SDM KPU Kabupaten Biak Numfor, Yemima Msiren menjelaskan bahwa Program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3) adalah salah satu program prioritas KPU RI dalam pendidikan pemilih. Program ini digagas untuk meningkatkan pengetahuan dan kepedulian masyarakat sehingga dapat mendorong masyarakat menjadi pemilih yang mandiri, cerdas, bertanggung jawab dan tumbuh kesadaran untuk berpartisipasi aktif pada Pemilu dan Pemilihan 2024 mendatang.

Lebih lanjut Yemima Msiren juga menyampaikan tujuan dari program ini adalah membangun kesadaran politik, mengedukasi masyarakat, menghindarkan masyarakat pada politik uang, meningkatkan kualitas partisipasi dan membentuk kader-kader terkait penyelenggara Pemilu/Pemilihan, sehingga KPU Biak Numfor sangat berterima kasih bahwa DP3 yang rencananya dibentuk oleh Provinsi minimal 2 Desa yang menjadi lokus/tempat pelaksanaannya, hari ini dapat dibentuk di Kampung Sunde dengan partisipasi dari pemerintah Kampung dan masyarakat. Untuk itu dengan peresmian Kampung Sunde sebagai DP3 maka Kampung ini menjadi kampung/Desa pertama di papua sebagai lokasi DP3.

Sesuai persyaratan, kampoung yang ditunjuk menjadi tempat pelaksanaan DP3 adalah kampung dengan tingkat kerawanan Konflik/bencana, daerah yang partisipasi pemilih rendah serta daerah dengan potensi pelanggaran pemilu tinggi, namun karena Kampung Sunde berinisiatif menjadi lokasi DP3 dengan swadaya, maka KPU Biak Numfor tetapkan sebagai DP3 yang diharapkan menjadi kampung percontohan dalam demokrasi.

#Desapedulipemiludanpemilihan

#KPURI