Sejarah Singkat



Sejarah Singkat KPU Kabupaten Biak Numfor

 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Biak Numfor berdiri tahun 2003 dan kantor pertama menempati ruang tata pemerintahan pemerintah daerah. Pada masa awal pendirian, hal pertama yang dibentuk adalah sekretariat KPU dimana sekretaris pertamanya adalah Bapak Frans Ys. Rumaropen, BA. Setelah itu dilakukan pemilihan anggota KPU dan terpilih 5 komisioner KPU dengan Bapak Diky D Iwanggin sebagai ketua, dan 4 orang anggota yaitu Diana D. Simbiak, Zakarias Korwa, Miliam Tibola, dan John F. B. Pah.

Selanjutnya, kantor KPU Biak Numfor dipindahkan ke Kantor Dinas Pendidikan Biak Numfor, sampai dengan tahun 2008. Pada tahun 2007 terjadi penggantian sekretaris dan ditunjuk sebagai pelaksana tugas kepada Bapak Eddy A. Yawan.

Tahun 2008, kantor KPU berpindah lagi ke Jalan Teuku Umar (Depan Polres Biak Numfor) menempati sambping rumah tinggal pak Ketua KPU (Bapak Diky). Pada masa ini KPU melaksanakan pilkada Bupati Biak Numfor tahun 2008 sebanyak 2 putaran dan pelaksanaan pemilu tahun 2009. Pada tahun yang sama (2008) ditunjuk Sekretaris definitif kepada Paulus Resi Wawan dengan keanggotaan KPU Bapak Diky D iwanggin tetap sebagai Ketua, dengan anggota Diana D. Simbiak, Zakarias Korwa, Miliam Tibola dan Sergius Wabiser. Tahun 2010 sekretaris KPU berganti, dan terpilih Bapak Hengky Mandosir sebagai sekretaris definitif. Tahun 2012 kantor KPU Biak Numfor berpindah lagi ke Jalan A. Yani Biak. Kemudian tahun 2013 terjadi PAW anggota KPU dimana pak Milliam dan pak Sergius digantikan dengan Pak Kasim Abdul Hamid, sehingga pada masa ini anggota KPU Biak Numfor hanya 3 orang, dengan adanya kekurangan anggota KPU, pada tahun 2014 dilakukan pemilihan anggota KPU dan terpilih Jackson S. Maryen sebagai ketua dengan anggota Diana D. Simbiak, Johanis Lalihatu, Julianus  A Wom, dan Niko Than.

Setelah berpindah pindah kantor, akhirnya pada tahun 2014 KPU Biak Numfor memiliki kantor sendiri dengan luas 2000 Meter Persegi. Kantor KPU Biak Numfor berada di Jalan Tanjung Kirana No 8 - Mandouw Dalam, Distrik Biak Samofa yang merupakan tanah hibah dari pemerintah daerah Kabupaten Biak Numfor, sedangkan biaya pembangunannya berasal dari KPU RI.

Tahun 2017 sekretaris KPU Biak Numfor kembali digantikan oleh Bapak Eddy A. Yawan sebagai pelaksana tugas sekretaris. Kemudian pada 7 Februari 2018 ditunjuk sekretaris definitif yaitu Bapak Agus Filma, S.Sos yang menjabat hingga saat ini. Pada tahun yang sama (2018) Ibu Diana D. Simbiak terpilih menjadi komisioner KPU Provinsi Papua sehingga anggota KPU Kabupaten Biak Numfor digantikan oleh Bapak Mathias Jan Morin. Tahun 2019 terjadi pemilihan anggota KPU Biak Numfor untuk periode 2019-2024 dan terpilih Bapak Mathias Jan Morin sebagai Ketua dengan anggota Melkianus Y. Rumbrawer, Matheus G. Ronsumbre, Djoni Randongkir, dan Yemima Marcela Msiren.